Senin, 15 Maret 2010

Tulisan Softskill

@ Tujuh Hal yang Pasti Ada dalam Serial Drama Korea @

Annyonghaseyo.... Berawal dari kesukaan ku menonton serial drama korea membuat aku ingin menulis tentang serial drama korea. Yang ingin aku tulis bukan untuk mengkritik atau membanding-bandingkan drama serial korea dengan serial (sinetron) di Indonesia, Tapi justru aku berharap tulisan aku ini dapat memberi inspirasi bagi pekerja seni di Indonesia agar dapat menghasilkan karya yang lebih bagus lagi (bukan menjiplak) bahkan kalau bisa mampu menembus pasar asia. Amin.

1. @ Adat ketimuran ( Budaya Hormat )

Korea sekarang sudah menjadi negara maju dimana sudah dapat memproduksi sendiri alat elektronik, handphone maupun mobil bahkan hasil produksinya tersebut sangat terkenal hampir di seluruh dunia. Walaupun kaya gitu masyarakat korea masih sangat menjunjung tinggi adat ketimuran. Dalam serial drama hal itu kita bisa lihat bahwa di setiap adegan tidak pernah lupa untuk memberi hormat kepada orang yang lebih tua ( dengan cara menundukan kepala tentunya) sekalipun apabila terdapat adegan konflik antara anak dan orang tua tidak pernah menampilkan kekurang-ajaran apalagi kekerasan. Selain itu budaya hormat yang tidak pernah dilupakan untuk ditampilkan adalah setelah melakukan pernikahan, pasangan tersebut diharuskan menggunakan pakaian tradisional korea (hanbok) dan memberi hormat kepada orang tua maupun mertua dengan cara khas nya sendiri.

2. @ Budaya Makan dan Minum

Masyarakat korea sangat suka makan karena korea kaya akan berbagai jenis makan ( gak kalah juga sih sama Indonesia). Jadi tidak heran jika didalam drama serial yang disajikan selalu menampilkan adegan makan terutama makan makanan khas korea seperti kimchi, nasi campur, jajanan kue beras, baso ikan dan mie ramen. Yang menarik bagi aku adalah saat ada adegan sedih atau kesal selalu dilampiaskan dengan makan sebanyak-banyaknya sampai mulut sang pemain sangat penuh dan kadang sambil mengeluarkan air mata. Lalu makan mie ramen langsung dari pancinya dalam keadaaan panas-panas dengan menggunakan suplit stanliss yang panjang, jujur ya setiap melihat adegan ini langsung selera makan mie aku muncul,,emmm..kadang aku ngikutin loch..tapi gak langsung dari pancinya,hehehe...

Selain itu masyarakat korea juga tidak bisa lepas dengan budaya minum teh dan arak. entah mungkin asalnya karena memang sudah turun menurun atau memang karena faktor musim. Di serial drama hal ini hampir selalu aku lihat jika jalan ceritanya mengkisahkan adegan keputus-asaan., biasanya sih karena masalah percintaan.

3. @ Oppa Jadi Idola

Satu hal yang aku sangat sadari saat menonton drama serila korea adalah mata ku tidak ingin berpaling ke serial yang lain. Hal itu dikarenakan di setiap drama korea selalu aku melihat artis-artis nya yang good looking, maksudnya artis cowok yang ganteng dan artis cewek yang cantik ( yaialah..).

Peran utama biasanya punya basic modeling..punya tampang dan penampilan yang oke. Gak heran deh kalau yang nonton drama serial korea pasti mengidolakan pemain-pemainnya, apalagi buat cewek-cewek yang nonton pasti sangat mengidolakan artis-artis cowoknya. ehhmm..kalo udah kaya gitu manggilnya ditambah-tambahin deh..bukan Cuma nama ajah tapi pasti ditambahin kata ’oppa’ (red, uppa artinya kakak laki-laki, biasanya di pakai untuk sepasang kekasih).

4. @ Lokasi yang Indah

Orang korea sangat pintar dalam memanfaatkan sumber daya nya loch.. mereka memanfaatkan lokasi pemandangan yang indah disetiap pembuatan drama serial, jadi gak heran jika di drama serial korea selalu menampilkan lokasi pemandangan yang indah seperti pemandangan laut di pulau jeju, rumah peninggalan kerajaan terutama untuk film kolosal dan juga kuil-kuil. ( wah,patut di contoh tuh..kan Indonesia kaya akan pemandangannya yang indah,ya gak..?) . dan yang gak kalah penting yaitu setiap lokasi yang dijadikan tempat syuting adalah asli seperti ceritanya bukan dibuat-buat, misalkan di drama serial ’Princes Hour’, sang pangeran melakukan hubungan dua negara yang mengharuskan pergi ke thailand..nah adegan itu bener-bener dilakukan di Thailand. Salut deh untuk produsernya,soalnya mampu ngebiayain adegan itu padahal itu Cuma beberapa adegan dan hanya sebuah cerita serial drama loch bukannya film..(Ehhmm..Indonesia kapan ya kaya gitu..?)

5. @ Cerita yang segar, menarik dan jelas

Beda hasil beda pula cara pembuatannya, sepengetahuan aku di korea serial drama baru akan dibuat jika sang penulis cerita selesai menyusun cerita nya sehingga serial drama korea punya kejelasan alur cerita dan biasanya jumlah episodenya tidak terlalu panjang, paling sedikit enam belas episode dan paling banyak untuk serial drama adalah dua puluh delapan episode. Kecuali untuk drama kolosal itu biasanya jumlah episodenya agak panjang kurang lebih sekitar enam puluh dua episode.

Selain itu cerita yang disajikan sangat berkesan walupun dilihat sekilas kadang punya kesamaan alur cerita dengan serial lainnya tapi serial drama korea selalu menampilkan peran-peran utama nya yang sangat berkarakter atau bahkan mampu menampilkan karakter baru yang segar dan kuat. Seperti pembuat roti atau kue dalam serial ’my name kim sam soon dan sunshinne of love’, lalu pendiri kedai kopi dalam serial ’coffee prince’, General Manajer sebuah hotel dalam serial ’Hottelier’, penyunting majalah busana dalam serial ’Style’, aktor terkenal dan penulis skenario film dalam serial ’Full house’ dan masih banyak lagi. Jujur nih, kadang terbersit dalam hati ingin menjadi karakter-karakter itu.,(ngehayal.com) heheheh...

Dengan kemunculnya karakter baru itu kadang cerita atau adegan per adegan dalam serial drama korea susah untuk ditebak sehingga membuat penasaran bagi yang menontonnya (termasuk aku..)

6. @ Soundtrack yang Nge-Hist

Ada akting pasti ada musik,,kalo gak ada musik ibarat masakan hambar rasanya kalo gak pake garam. Musik dapat mengekspresikan jiwa dan perasaan pemainnya, musik yang punya makna sesuai dengan cerita drama nya dan eazy listening (mungkin karena liriknya yang kadang di Mix dengan bahasa Inggris) dapat memberikan kedekatan emosi bagi yang menontonnya. Oleh karena itu gak heran kalo original soundtrack-nya menjadi hist dimana-mana,bahkan saking hist-nya dijual OST dalam bentuk CD., yang anehnya kadang yang suka dengan lagu dalam OST itu gak tau nama penyanyi nya. (Loch..Loch...?)

Dulu waktu korean-pop belum booming aku juga gak tahu nama-nama penyanyinya, nah sekarang Korean-pop udah booming lumayan tau lah nama-nama penyanyinya.,heheheh...

7. @ Sponsor – sponsor Elektronik dan IT

Bagi yang suka sama serial Boys Before Flower pasti udah gak kaget lagi kalo di serial korea selalu punya sponsor eletronik yang keren-keren. Yang paling standar adalah hanphone dan mungkin yang paling besar adalah mobil karena dari yang aku perhatikan untuk cerita yang gak semewah Boys Before Flower (meteor garden versi korea) aja sudah punya sponsor Handphone yang keren dan setiap pemain pake merk handphone yang sama (Upss,gak boleh menyebutkan merk..).

Untuk adegan yang gak mengharuskan pakai handphone atau mobil pribadi, serial drama korea selalu memperlihatkan keunggulannya dalam bidang IT yang lain,misalkan ada adegan pakai bis umum,selalu pakai bis umum yang sudah canggih dimana kalo ingin bayar ataupun turun tinggal teken tombol aja. (yaialah..namanya juga negara yang udah maju IT nya)

Itulah beberapa hal yang pasti ada dalam serial drama korea versi aku,, mungkin masih banyak versi lain yang berbeda yang ditulis oleh penikmat serial drama korea lainnya. Buat sesama penggemar serial drama korea,moga seneng ya baca tulisan aku ini,Kamsahamnida..Annyonghaseyo.. ^_^ v

By : Riri Amalia

2 komentar:

Yuanita Handoko mengatakan...

mantap dah tulisannya...hehe...
beras merah gw masuk juga ya...hehe..

rie2.wie_wiehh mengatakan...

heheh..,thanx ya nita...
soal beras merah,maksudnya apa ?